Tugas Individu Softskill : PRINCE2

PRINCE didirikan pada tahun 1989 oleh CCTA (Central Computer and Telecommunications Agency), sejak berganti nama menjadi OGC (Kantor Perdagangan Pemerintah). Pada bulan Juni 2010, fungsi Manajemen Praktik Terbaik Perdagangan Kantor Pemerintah pindah ke Kantor Kabinet.

PRINCE awalnya didasarkan pada PROMPT, sebuah metode manajemen proyek yang dibuat oleh Simpact Systems Ltd pada tahun 1975, dan diadopsi oleh CCTA pada tahun 1979 sebagai standar yang akan digunakan untuk semua proyek sistem informasi pemerintah.

Ketika PRINCE diluncurkan pada tahun 1989, ia secara efektif menggantikan PROMPT dalam proyek-proyek Pemerintah. PRINCE tetap berada dalam domain publik dan hak cipta dipegang oleh Crown. PRINCE2 diterbitkan pada tahun 1996, yang telah dikontribusikan oleh konsorsium sekitar 150 organisasi Eropa.
PRINCE2 (Project IN Controlled Enviroments 2) adalah suatu metode manajemen proyek yang berorientasi pada proses yang dimiliki oleh AXELOS. PRINCE2 merupakan pendekatan manajemen proyek yang paling umum digunakan di Eropa.

Fitur utama dari PRINCE2:
  • Fokus pada justifikasi bisnis
  • Struktur organisasi yang ditetapkan untuk tim manajemen proyek
  • Pendekatan perencanaan berbasis produk
  • Penekanan pada membagi proyek menjadi tahap yang dapat dikelola dan dikendalikan
  • Fleksibilitas yang dapat diterapkan pada tingkat yang sesuai dengan proyek.
Kelebihan dari PRINCE2 yaitu mudah untuk menyesuaikan pada proyek dan lingkungan yang berbeda. Pada beberapa negara, menjadi mandatori / kewajiban untuk sertifikasi PRINCE2 bagi project manager.

Kenapa saya memilih PRINCE2 ?
Karena PRINCE2 sangat memudahkan project manager dalam memanajemen suatu proyek selain itu juga mudah dipelajari. Metode pada PRINCE2 bersifat fleksibel sehingga mudah untuk diaplikasikan ke semua proyek. 
Dengan menggunakan PRINCE2, manager proyek dapat mengelola sumber daya yang lebih besar, mengelola resiko bisnis/proyek menjadi lebih efektif dan mengendalikan apabila terjadi perubahan pada proyek. Karena mampu dalam mengendalikan perubahan pada proyek, hal tersebut menjadikan PRINCE2 mudah untuk menyesuaikan pada proyek dan lingkungan yang berbeda dan juta pemanfaatan sumber daya secara efektif juga dapat memberikan prospek yang baik terhadap suatu proyek. 
Dengan menggunakan PRINCE2 ini tentunya dapat menghemat waktu, uang dan upaya yang akan kita lakukan dalam suatu proyek.

SUMBER :

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahap-tahap Membuat Sistem Pakar

Metode Pencarian Buta dan Heuristik

Tugas 4 Ilmu Budaya Dasar