Pengertian dan Manfaat Ilmu Sosial Dasar

Pengertian Ilmu Sosial Dasar
        Ilmu sosial dasar merupakan salah satu mata kuliah softskill di Universitas Gunadarma. Yang dimana Mata kuliah ini menitik beratkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa.
        Pengertian ilmu sosial dasar itu sendiri adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang di harapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mempelajari masalah manusia. Ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial tersebut hendaknya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut. Sehingga ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas tiga golongan beasar yaitu :

1.      Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.      Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
3.      Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.

        Dengan adanya mata kuliah ini mahasiswa dapat mengembangkan cara mereka berperan serta dalam mewujudkan hubungan yang harmonis kepada masyarakat.
        Pengertian Sosial Menurut Beberapa Ahli :
      a.   LEWIS
            Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari                  antara warga negara dan pemerintahannya
      b.   KEITH JACOBS
            Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas
      c.   RUTH AYLETT
            Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren                             dan terintegrasi
      d.   PAUL ERNEST
            Sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam                    berbagai kegiatan bersama
      e.   PHILIP WEXLER
            Sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia


Manfaat Ilmu Sosial Dasar
        Manusia merupakan makhluk sosial yang artinya selalu membutuhkan orang lain. Kita sebagai manusia yang hidup di dunia pastinya perlu bersosialisasi. Kita sering di hadapi dengan yang namanya masalah-masalah sosial di dalam masyarakat.

        Oleh karena itu ilmu sosial dasar sangat penting bagi kita karena dengan kita mempelajari ilmu sosial dasar kita jadi lebih menyadari dan memahami adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial di dalam masyarakat, menjadi lebih peka terhadap masalah-masalah sosial yang ada di lingkungannya dan tanggap untuk ikut serta atau membantu dalam usaha-usaha menanggulanginya, jadi lebih menyadari bahwa setiap masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya, membantu masyarakat mengenal satu sama lain, saling berinteraksi, lebih memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain, membantu perkembangan wawasan penalaran kepribadian mahasiswa.

Komentar

  1. Artikel ini sangat membantu. Memberikan informasi tentang manfaat ISD. Anda juga dapat mengunjungi website UG Library untuk referensi lainnya.Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat, terimakasih. Namun lebih baiknya pake Footnot, dgn menunjukkan buku sumber.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahap-tahap Membuat Sistem Pakar

Metode Pencarian Buta dan Heuristik

Tugas 4 Ilmu Budaya Dasar