Tugas 4 Ilmu Budaya Dasar

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 4 
"Sedekah"


 Disusun Oleh : Rendito Hasri W (15115753) 
Kelas : 1KA26 
Jurusan : Sistem Informasi
 Fakultas : Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi
 UNIVERSITAS GUNADARMA


Sedekah asal kata bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu' (sedekah secara spontan dan sukarela).



Video diatas merupakan contoh film pendek tentang bersedekah. Film pendek tersebut sangat menginspiratif. Dalam film pendek tersebut di ceritakan seorang pemuda yang selalu bersedekah selama 6 bulan namun Allah S.W.T tidak membalas perbuatannya. Hal demikian yang membuat beliau ragu kepada Allah S.W.T. Terlebih lagi beliau merupakan tulang punggung keluarga yang harus menafkahi adik-adiknya untuk sekolah dan membayar obat bapaknya. Disaat adik-adiknya meminta untuk bayaran sekolah dan kuliah di lain sisi beliau juga harus mengobati bapaknya. Karena beliau sudah di phk dari tempat kerjanya yang dulu, hal tersebut lah membuat beliau bingung dan ragu kepada Allah S.W.T yang akan membalas perbuatannya tersebut. 

Puncak konflik dalam film pendek ini yaitu pada saat bapak pemuda tersebut jatuh sakit dan harus di rawat, namun pemuda tersebut tidak mempunyai biaya untuk mengobati bapaknya. Sebelum kejadian itu beliau bertemu seorang penyapu jalanan yang sedang bersedekah ke suatu kantor pembibitan penghafal Al-Quran. Disitu beliau berbicara kepada penyapu jalanan tersebut. Beliau terheran-heran kenapa seorang penyapu jalanan yang penghasilannya terbilang sedikit tetapi masih mau untuk bersedekah.Pemuda tersebut memberitahu masalah yang di hadapinya yaitu beliau sudah bersedekah selama 6 bulan namun tidak di balaskan perbuatannya oleh Allah.  Disitu penyapu jalanan tersebut menjelaskan bahwa "Terkadang kita beribadah merasa tidak ikhlas ketika apa yang kita minta kepada Allah tidak terkabul. Bukannya Allah tidak ingin ngasih, tapi dia ingin memberikan surprise ke kita. Allah Membalas tidak dengan uang saja. Mungkin bisa dengan umur yang panjang dan keluarga yang harmonis" . Mulai dari situ beliau tersadar akan perkataan penyapu jalan tersebut dan mulai bersedekah di kantor penghafal Al-Quran. Tak disangka-sangka disaat bapak pemuda tersebut di rawat dan beliau sedang bingung-bingung bagaimana cara untuk membayar administrasi rumah sakit. Beliau bertemu dengan teman bapak beliau. Disana teman bapak pemuda tersebut akhirnya membantu biaya administrasi rumah sakit.

Sejak saat itu beliau tidak akan pernah berburuk sangka pada Allah S.W.T. Setelah kejadian bapak pemuda tersebut yang masuk rumah sakit. Pemuda tersebut sekarang sudah punya pekerjaan kembali. Adiknya pun sudah di wisuda. 

Berdasarkan cerita dalam film pendek tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa Allah S.W.T tidak akan pernah lupa untuk membalas perbuatan umatnya yang berbuat kebaikan. Bukan hanya dalam hal materi Allah akan memblasnya namun bisa juga dengan keluarga yang harmonis. 

Allah ta’ala berfirman,
“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (Al-Baqarah: 245)

Dari firman Allah di atas kita juga dapat mengaitkannya ke pesan moral yang ada dalam film pendek tersebut yaitu Allah pasti akan membalas perbuatan baik seseorang. Kita sebagai manusia hanya bisa menunggu kapan datang balasan itu. Dan jangan sesekali kita ragu akan kekuatan Allah,karena di situ kita juga sedang di uji keimanan kita oleh Allah S.W.T

Film Pendek dengan judul "Salah Sedekah" ini sangat memberi inspirasi bagi banyak orang. Hampir tidak ada minus dalam alur cerita film ini. Namun ada satu hal yang menjanggal pikiran saya. Setelah bapak pemuda tersebut mendapatkan bantuan dana dari teman bapaknya itu mungkin terlalu cepat untuk melihat si pemuda itu mendapatkan kerja adiknya wisuda. Mungkin bisa dengan memperlihatkan penonton bagian dimana pemuda tersebut memberikan uang untuk bayaran adik-adiknya. Selain itu sudah perfect menurut saya. Akting dari para pemainnya pun juga sudah cukup bagus. Dan pengambilan setting tempat juga sudah OK. Film pendek ini juga memiliki pesan moral yang sangat menginspiratif. Pokoknya recomended banget film pendek ini untuk di tonton.
Sumber :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahap-tahap Membuat Sistem Pakar

Metode Pencarian Buta dan Heuristik